POLITIK : NEW–MUDA ADALAH KEKUATAN - Jarrak POS
Connect with us

Nasional

POLITIK : NEW–MUDA ADALAH KEKUATAN

Published

on

Jakarta, Jarrakponusra.com- Kekuatan anak muda yang mendominasi panggung politik nasional, menjadi perhatian M.Yefry Rinaldi, fungsionaris DPP Partai Demokrat dan Wasekjen 1 FKKGD sayap Partai Demokrat.

Menurut Yefri Rinaldi, partai politik harus melibatkan peran anak muda. Sehingga partai politik berjalan lebih dinamis. Sebab, kata dia,.anak muda merupakan agen perubahan dalam peradaban sebuah bangsa. Politisi muda di Demokrat ini mencontohkan misalnya dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pemuda memiliki peran penting.

“Atas dorongan anak mudalah akhirnya kemerdekaan Indonesia diproklamirkan,dan membantu rakyat indonesia dari segala kinerjanya,” paparnya, Selasa (9/6/2020).

Maka itu, dia sangat berharap agar kita sebagai kader dan pengurus partai Demokrat dari tingkat DPD dan DPC jangan ragu-ragu memberikan kesempatan yang luas kepada anak muda. Ajaklah anak muda untuk berkolaborasi dalam menjalan tugas –tugas partai untuk mewujudkan ideologi dan perjuangan partai. “Partai politik harus melakukan transformasi gerakan kepada generasi muda,” tegasnya.

Selain itu, Yefry Rinaldi juga mengajak anak muda zaman sekarang untuk benar-benar memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dengan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut maka anak muda akan mampu memberikan manfaat yang luas. Karena sejati teknologi apabila digunakan dengan benar maka akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.Dan dia pun meminta agar para tokoh-tokoh partai politik untuk memanfaatkan teknologi.

Ditambahkannya, dengan memanfaatkan teknologi bisa menjadi sarana untuk dekat dengan anak muda. Sebab, jika melihat data pemilih anak muda atau pemilih pemula memiliki jumlah suara yang sangat besar.” Ini harus didekati. Makanya para tokoh partai politik juga memanfaatkan teknologi agar semakin dekat dengan anak muda,” urai Yefri Rinaldi.

Yefri Rindaldi menyarankan agar partai politik harus membuang jauh-jauh budaya feodal. Kata dia, Jadikan partai politik menjadi tempat bertumbuhnya gagasan besar. Sehingga ke depan Indonesia akan melahirkan politisi-politisi yang memiliki gagasan besar mengubah nasib bangsa kearah yang lebih baik.

“Berilah ruang kepada anak muda. Karena anak muda jika diberikan kesempatan akan lahir gagasan besar untuk negeri,” ujar Yefri Rinaldi.

Maka itu, dia sangat berharap kepada seluruh partai politik agar benar-benar menjalankan kaderisasi dengan baik. Dengan kaderisasi yang berkualitas ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin besar bagi partai politik di Indonesia. “Kaderisasi harus dilakukan. Ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin besar di partai Demokrat,” pungkasnya.

Penulis: Francelino

Editor: Aj

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Kalapas Gunungsindur Berpindah Tugas Dengan jabatan Baru di NTT

Published

on

By

BOGOR – JarrakposNusra.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas)
Khusus Kelas IIA Gunungsindur Mulyadi
resmi menjabat Kepala Divisi Pe masyarakatan (Kadivpas) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur (NTT). la dilantik Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna H Laoly di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI, kemarin.

Dalam sambutannya, Yasonna berpesan
seluruh pejabat yang dilantik agar segera
melaksanakan tugas dan amanah ini dengan baik dan benar, yaitu dengan bekerja keras,bekerja cerdas dan bekerja tuntas dengan penuh integritas, loyalitas dan ber-intelektualitas. “Jadilah pemimpin yang membumi, yang selalu memberikan warna dimana pun ditempatkan, selalu berprestasi,berinovasi, sehingga menghasilkan suatu legacy,” pesan Menkumham.

Kemudian Menkumham menambahkan, 2020 adalah tahun yang berbeda karena pandemi Covid-19 melanda bangsa dan negara di dunia termasuk Indonesia. Karena itu, hanya bangsa-bangsa yang memiliki daya juang tinggi yang akan memenangkan pertarungan melawan pandemi ini,”Artikel ini dikutip dalam Metropllitan.id hari ini 12 juni 2020.

Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Jadilah pe-mimpin yang mumpuni. Kuasai komunikasi dan informasi jelang memasuki era digital 4.0. Saya harap ke depan Kemenkumham harus dapat menjadi kementerian yang menjadi kementerian digital (e-government) dan berikan yang terbaik untuk negara tercinta (give the best to your Country).”Tegasnya.

Sumber : (sir/els/run)

Editor : SF

Continue Reading

Berita

KALAPAS TRI SAPTONO KLARIFIKASI BERITA BOHONG

Published

on

By

Bandung, Jarrakposnusra.com- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banceuy Tri Saptono Sambudji mengatakan, keterangan pasangan suami istri bandar sabu-sabu asal Kota Tasikmalaya tidak benar alias bohong. Bahkan menurut Tri, keterangan mereka yang mengatakan mendapat pasokan sabu-sabu dari Lapas Banceuy sangat memojokan kinerja LP Banceuy.

“Selama pandemi (COVID-19) ini, kami (LP Banceuy) menerapkan system besuk online, memakai layanan video call. Jadi, tidak ada orang luar yang bisa keluar masuk lapas. Suplai atau pasokan itu kan artinya, barang dari dalam lapas dibawa keluar. Sangat tidak mungkin ada barang bisa keluar dan masuk ke Lapas Banceuy,” ujar Tri.

Berikut klarifikasi atas berita yang tengah beredar tersebut yang disampaikan Tri Saptono Sambudji :

Selama beberapa bulan kebelakang sampai saat ini, Lapas Kelas II A Banceuy Bandung tidak menerima kunjungan terhadap warga binaan secara fisik/ face to face (ditiadakan) akan tetapi diganti dengan kunjungan secara virtual/ video call. Jadi tidak ada pengunjung yang masuk ataupun yang keluar dari dalam Lapas Banceuy, serta bisa dipastikan pasokan narkoba, dari Lapas Bancey, yang ditangkap pelakunya di Tasikmlaya tidak benar.

Sampai saat ini pihak Lapas Kelas II A Banceuy Bandung terus berkoordinasi dengan pihak Satres Narkoba Polresta Tasikmalaya perihal kejelasannya kasus ini.

Kami sangat mendukung sekali terhadap pemberantasan peredaran narkoba baik di luar maupun di dalam Lapas. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, BNNK, BNNP, bahwa semangat kita sama ingin membersihkan Lapas dari peredaran Narkoba. Dan sesuai dengan komitmen kami Lapas Banceuy BERSINAR (Bersih dari Narkoba).

Dan sebagai bentuk komitmen kami dalam memberantas narkoba di dalam Lapas. Lapas Kelas II A Banceuy tercatat telah melakukan penggagalan masuknya barang terlarang lebih dari 20 kali.
Termasuk hari ini (Selasa, 09/06/2020), petugas Lapas Kelas II A Banceuy Bandung telah melakukan penggagalan masuknya barang terlarang jenis ganja dengan modus yang berulang- ulang yaitu pelemparan dari luar tembok LP Bancuey.

Sumber : Abdul Aris / Kadivpas Kemenkumham Jabar

Editor : Aj

Continue Reading

Berita

HUT KE-68 KOPASSUS: KENAL DANJEN ASAL BULELENG, DIPUJI JENDERAL GATOT NURMANTYO

Published

on

By

JAKARTA-JARRAKPOSNUSRA.COM – HARI ini tanggal 16 April 2020, pasukan elite TNI, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berusia 68 tahun. Korps baret merah itu menggelar sejumlah kegiatan sosial-kemanusiaan hingg acara puncak peringatan.

Kali ini Jarrakpos Grup ini mengajak pembaca untuk mengenal khusus Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal (Mayjen) I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han).

Mayjen I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han), kelahiran Buleleng, Bali. Ia bukanlah sembarangan prajurit (jenderal). Pria kelahiran 26 Juni 1967 itu memiliki prestasi luar biasa selama berkarir di militer. Ia secara resmi dieprcaya sebagai Danjen Kopassus pada 25 Januari 2019.

Bagi Cantiasa, korps baret merah bukanlah habitat baru baginya. Jenderal bintang dua di pundak itu memang menghabiskan sebagian besar karier militernya di Kopassus hingga menyandang jenderal bintang dua dan kembali memimpin kesatuan elite tersebut.

Mau tahu perjalanan atau kiprahnya di Kopassus? Inilah kisah manisnya. Sebelum memimpin pasukan baret merah, Jenderal bintang dua ini lama bergelut bersama pasukan antiteror Sat Gultor 81. Dikutip dari laman resmi Kopassus, I Nyoman Cantiasa sempat menjabat menjadi komandan Sat-81 Kopassus (Gultor).

Tak berhenti di situ, karier Cantiasa makin moncer. Ia bahkan menjadi komandan di Batalyon 811 atau Aksi Khusus (Aksus). Setelah itu, I Nyoman Cantiasa pernah pula menduduki kursi komandan Pusdikpassus.

Mulusnya perjalanan karier sang jenderal kebanggaan masyarakat Bali khususnya masyarakat Kabupaten Buleleng itu, tidak terlepas dari kemampuannya yang sudah teruji. Kiprahnya tak bisa diragukan lagi, selama bergelut di dunia militer, ia sudah lihai dalam pertempuran.

Cantiasa bahkan sudah tempur di sejumlah wilayah di Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Papua, Cantiasa bergabung dalam berbagai operasi militer. Selain itu, ia pun pernah ikut pertempuran di wilayah konflik Timor-Timur yang sekarang menjadi negara Republica Democratica Timor Leste (RDTL) alias Timor Leste.

Dari data yang diperoleh Jarrakpos Grup, Cantiasa tidak hanya ahli berperang, tetapi pria yang pernah menjadi Kasdam di Papua itu pun ahli dalam sejumlah bidang khusus. Cantiasa lulus pendidikan pendidikan pengembangan spesialis, dalam bidang Penanggulangan Teror (Gultor) dan Suspa Intel Analis.

Keahlian itu membuat lulusan terbaik Akmil 1990 pernah lama bergelut di Satuan Gultor. Tak hanya itu, keahlian itu pun terpakai saat Cantiasa menjadi Dantim Intel Grup 3 Sandhi Yudha di Kopassus.

Ada pula keahlian khusus lain yang sudah teruji, yakni free fall atau terjun payung. Berbagai keahlian yang dimiliki Cantiasa ini mencetak banyak pengalaman dalam berbagai tugas. Selain di Tanah Air, Cantiasa berkeliling ke sejumlah negara untuk bertugas. Mulai dari Australia, Kamboja, Korea Selatan, Perancis, hingga Jerman.

Tak heran, kemampuannya itu tak lepas dari kecerdasannya sejak mengenyam pendidikan. Sebagai bukti, Cantiasa adalah lulusan terbaik dari angkatannya di Akademi Militer 1990. Kecerdasannya membuat Cantiasa menyabet banyak penghargaan.

Satu di antaranya, pasukan elite Kopassus yang dipimpinnya mencatat rekor mengibarkan bendera merah putih raksasa. Penghargaan itu diterima I Nyoman Cantiasa dari Rekor MURI.

Menurutnya, sejauh ini belum ada yang mampu mengibarkan bendera raksasa itu selain Kopassus.

“Kemampuan ini gak sembarangan dan hanya oleh pasukan yang terlatih dan miliki jam terbang tinggi,” katanya di Lanud Suparlan, Batujajar, seperti yang dilansir beberapa media nasional pada 19 Maret 2019.

Nah, kemampuan dan keandalan Cantiasa itu diakui mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Gatot Nurmantyo sempat bersuara melalui Twitter saat Cantiasa dilantik menjadi Danjen Kopassus. “Selamat atas pelantikan Danjen Kopassus. Alhamdulillah, akhirnya tiba saatnya kembali kebangkitan profesionalisme dan militansi prajurit baret merah. Selamat berjuang dan berkarya Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE. Lebih baik pulang nama daripada gagal dalam tugas. KOMANDO…!!!” cuit Jenderal Gatot Nurmantyo dalam Twitternya.

Riwayat Pendidikan
 Akademi Militer (1990)
 Sesarcab Inf
 Komando
 Suslapa I
 Suslapa II
 Free Fall
 Penanggulangan Teror (Gultor)
 Suspa Intel Analis
 Seskoad (2004)
 Sesko TNI (2014)
 Lemhannas
Riwayat Jabatan
Letnan Dua s/d Kapten
 Danton Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad
 Danki Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad
 Dan Unit Den 81 Gultor / Kopassus
 Dansubtim 2 Den 81 Gultor / Kopassus
 Dantim Den 81 Gultor / Kopassus
 Dantim Intel Grup 3 Sandhi Yudha / Kopassus

Mayor
 Danseko Pusdikpassus
 Dansepara Pusdikpassus

Letnan Kolonel
 Pabandya Ops Makopassus
 Danyon 811/Sat-81/Kopassus
 Dandenma Kopassus
 Waasintel Danjen Kopassus
 Wadansat-81/Kopassus (2010)

Kolonel
 Dansat 81/Kopassus (2010)
 Danpusdikpassus (2012)
 Pamen Ahli Bid. Taktik Khusus Gultor Danjen Kopassus (2013)
 Pamen Denma Mabesad (Dik Sesko TNI) (2014)
 Danmentar Akmil (2015)
 Danrem 163/Wirasatya (2015)

Brigadir Jenderal
 Danrem 173/Praja Vira Braja (2017)
 Kasdam XVII/Cenderawasih (2017)

Mayor Jenderal
 Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI (2018)
 Danjen Kopassus (2019)

(Red)

Continue Reading

Trending