by

DUA TERDUGA PELAKU PENGANIAYA TANPA MOTIF DI YOGYA DITANGKAP

-Kriminal-5 views

YOGYAKARTA- JARRAKPOSNUSRA.COM-Polisi mengamankan dua terduga pelaku penyerangan tanpa motif (klitih), inisial RK (15) dan RD (14), yang beraksi di Jalan Ireda Yogyakarta pada Minggu (1/12) dini hari. Kendati demikian polisi belum menetapkan status tersangka atas keduanya.

Polisi punya alasan mengapa “belum ditahan (tersangka) dan baru diperiksa dulu, nanti dimintai keterangan dulu, statusnya masih diduga pelaku,” jelas Kapolsek Gondomanan Kompol Purwanto saat jumpa pers di Mapolresta Yogyakarta, Jalan Reksobayan No 1, Minggu (1/12/2019).

Purwanto menuturkan baik RK maupun RD masih duduk di bangku SMP. Sementara dalam kasus kekerasan di jalanan tanpa motif atau klitih tersebut, RK diketahui berperan sebagai pembacok korban sedangkan RD yang mengendarai sepeda motor.

“Korbannya pelajar SMA kelas tiga. Pelakunya pelajar SMP kelas delapan dan sembilan. Korban dirawat di RS Sardjito, tadi siang rencananya dioperasi,” tuturnya.

Polisi menyebut tangan kiri korban dibacok memakai pedang.

“(Korban) dilukai dengan pedang mengenai pergelangan tangan kiri dengan luka terbuka kurang lebih 10 sentimeter,” ujar Purwanto.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh polisi, antara kedua terduga pelaku dengan korban tidak saling kenal. Motif pembacokan terduga pelaku hingga kini juga belum diketahui. Kini polisi masih memeriksa kedua pelaku dan para saksi lainnya.

“Ini baru dikembangkan, jadi motifnya untuk pengembangan selanjutnya. Tapi yang jelas dia (RK dan RD) sementara ini yang diduga (sebagai terduga pelaku),” jelasnya.

Sementara dalam kasus ini, tutur Purwanto, polisi telah menyiapkan sejumlah pasal seperti pasal 170, pasal 351 dan pasal 354 KUHP. Adapun kedua terduga pelaku terancam hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

“Jadi gini, nanti kan dilakukan pemeriksaan (terhadap kedua terduga pelaku), kalau di bawah umur pemeriksaannya nanti didampingi oleh Bapas. Setelah itu diperiksa, baru bisa ditahan,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, terjadi aksi klitih atau penganiayaan tanpa motif Jalan Ireda Yogyakarta pada Minggu (1/12/2019) dini hari. Korban, Mohammad (18), tanpa sebab yang jelas dibacok oleh terduga pelaku menggunakan sebilah pedang.

Kini kedua terduga pelaku sedang diperiksa Unit Reskrim Polsek Gondomanan bersama Reskrim Polresta Yogyakarta. Sementara korban yang mengalami luka bacok di pergelangan tangan kiri sekitar 10 sentimeter masih dirawat di RSUP Sardjito.

Sumber: detikcom

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *